Selasa, 06 November 2012

PERBANDINGAN KINERJA MULTITASKING PADA SMARTPHONE



Latar Belakang
Setiap manusia pasti selalu menginginkan yang lebih baik terutama alat yang digunakan untuk mendukung kebutuhan sehari-hari, dimana alat tersebut tidak hanya sebagai gaya hidup namun juga sebagai pendukung penuh kegiatan mereka sehari-hari seperti telepon, mengirim pesan, pemutar music, browsing dan lain-lain dalam satu alat saja.
Perkembangan teknologi yang amat cepat memungkinkan semua itu untuk melahirkan sebuah alat yang dapat melayani banyak pekerjaan sekaligus. Alat tersebut disebut smartphone atau ponsel pintar, high-end ponsel yang menggabungkan fungsi personal digital assistant (PDA) dan telpon selular. Berkat kemampuan yang lebih canggih tersebut memungkinkan smartphone untuk melakukan banyak tugas secara bersamaan tanpa halangan. Kemapuan tersebut dikanal dengan multitasking.
Multitasking sendiri berarti melakukan pekerjaan yang berbeda secara realtime dan bersamaan dalam satu waktu. Konsep multi tasking adalah bagaimana menyelesaikan semua pekerjaan yang dilakukan secara bersamaan itu dengan baik. Beberapa hal yang membuat pengaplikasian multitasking tidak berjalan dengan lancer dan kurang bisanya melakukan manajemen prioritas dan gagalnya manajemen waktu. Kurang mampunya melakukan manajemen prioritas dalam sistem operasi sendiri dalam penyelesaian task taskyang ada menggunakan prioritas. Kegagalan memanage waktu adalah sering gagal dalam melakukan tugasnya. Hal tersebut juga sering terdapat dalam pemakaian smartphone sehari-hari seperti kenerja smartphone yang menurun dan terkadang menyebabkan Deadlock yang harus memaksa smartphone untuk di hard reset untuk mengembalikan performa smartphone tersebut.
                                                            
Perumusan Masalah
1.      Bagaimana megukur kinerja dari sebuah smartphone.
2.      Bagaimana cara mengetahui model smartphone yang memiliki persentase total tertinggi dalam melakukan tugas multitasking.

Tujuan
1.      Mampu membandingkan beberapa jenis Smartphone dengan kriteria-kriteria tertentu
2.      Mengetahui model smartphone yang memiliki persentase total tertinggi dalam melakukan tugas multitasking.


Metodelogi
Dalam penulisan ini,penulis mencoba melakukan penelitian dengan membandingkan beberapa jenis smartphone dengan kriteria-kriteria tertentu, seperti system operasi yang tertanam pada tiap Smartphone dengan lawan yang sesuai, yakni dengan versi Sistem Operasi yang setingkat, berdasarkan pengukuran time waiting, pengukuran memory usage, dan ketahanan battery.


Inti Pembahasan
Berdasarkan penggunaan Smartphone sekarang ini lebih banyak di pakai, Hal ini terjadi dikarenakan para pengguna smartphone lebih mengutamakan gadget yang mampu mengerjakan beberapa dan banyak tugas sekaligus, yang lebih sering di sebut dengan multitasking. Dibalik kemudahan – kemudahan multitasking tersebut, ternyata masih terdapat kendala-kendala yang di temukan yang dapat menurunkan performa smartphone itu sendiri dan tidak jarang beberapa smartphone tersebut “lag” dan harus di Hard Reset agar smartphone tersebut kembali bekerja. Masalah pada multitasking sendiri perlu di tinjau lebih dalam dan di lakukan penelitian agar di ketahui penyebab-penyebab yang membuat kinerja smartphone dalam melakukan multitasking menjadi tidak maksimal. Penelitian yang dilakukan adalah dengan membandingkan kedua smartphone tersebut dalama melakukan multitasking secara bersamaan dan kemudian membandingkan penggunaan memory usage, time waiting, dan supply usage.
Keterangan :
HP 1 : Nokia X6 (Processor : 434 MHz, Memory Internal : 32GB)
HP 2 : Samsung Galaxy Mini (Processor : 600 MHz, Memory Internal : 160 MB)
HP 3 : Blackberry Bold 9000 (Processor : 624 MHz, Memory Internal : 1GB)
HP 4 : Samsung Galaxy Ace (Processor : 800 MHz, Memory Internal : 158 MB)
HP 5 : Blackberry Gemini 8520 (Processor : 512 MHz, Memory Internal : 256 MB)

HP 1 = (66.67% + 93.33% + 60%)/300% *100% = 73.33%
HP 2 = (33.33% + 26.67% + 100%)/300% *100% = 53.33%
HP 3 = (80% + 60% + 40%)/300% *100% = 60%
HP 4 = (60% + 33.33% + 80%)/300% *100% = 57.77%
HP 5 = (86.67% + 86.67% + 100%)/300% *100% = 91.13%




Dari perhitungan diatas maka dapat dianalisa bahwa besarnya persentase total dari tiap parameter dalam smartphone tergantung dari spesifikasi smartphone tersebut. Dari segi time waiting yang lebih unggul adalah Blackberry Gemini 8520 dengan persentase 86.67%, sedangkan dari segi memory usage adalah Nokia X6 dengan persentase 93.33%, dan dari segi
ketahanan battery adalah Blackberry Gemini 8520 dan Samsung Galaxy Mini yang mempunyai persentase 100%.

Kesimpulan
Setelah dilakukan penelitian dan analisa pada smartphone diatas dapat disimpulkan bahwa
smartphone yang memiliki persentase total tertinggi yaitu Blackberry Gemini 8520 dengan persentase 91.13% merupakan smartphone yang terbaik dalam melakukan tugas multitasking.

Penulis : Anom Pradonggo, Bintang Parulian Sinaga, Joanna Herpiani.
Tahun terbit : 2012

Penerbit : Stikom Bali

Daftar Pustaka
[1]        Matt Vincent, juli. Multi tasking : More is Less.Online.
[2]       Aryo Agung.2007.Real Time dan Multitasking.Laporqn Penelitian.Depok : Universitas Gunadarma.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar